Tuesday, 6 November 2012

Cobaan atau Teguran?



Bismillahirrohmaanirrohiim

Ketika seseorang sedang diuji terus-menerus dengan sakitnya atau cobaan-cobaan lainnya, sebenarnya di situlah orang itu harus mulai berkutat dan berbicara dengan dirinya sendiri.
“Seorang mukmin akan terus-menerus ditimpa ujian, hingga ia berjalan di muka bumi, tanpa membawa dosa sedikitpun.” [Rowaahu Ahmad]
Dari pesan mulia Rosululloh di atas, apa yang bisa disimpulkan? Alloh ingin mensucikan hamba-hambaNya, melebur dosa hamba-hambaNya, dengan cobaan-cobaan itu.


Contoh kongkretnya, seseorang yang mengetik ratusan kata di hadapan anda ini benar-benar harus melihat kembali jejak-jejak yang ia sisakan di sela-sela dentang waktu hidupnya.

Ia terus saja bertanya-tanya, apakah semua kesakitan yang datang akhir-akhir ini adalah cobaan untuk menguji keimanannya, seperti dalam Qur’an Suroh Al-Ankabuut ayat 2 :
“Apakah manusia mengira bahwa mereka akan ditinggalkan (dibiarkan) hanya dengan mengatakan, ‘kami beriman’, dan mereka tidak diuji?”  
Ataukah justru merupakan teguran keras untuk mengingat kembali sudah berapa banyak jejak-jejak kotor yang telah ia tinggalkan di setiap senti perjalanan hidupnya?

Ia terus bertanya-tanya, apakah semua ini merupakan sentilan dariNya untuk menguji cinta padaNya dan kesabarannya, ataukah teguran karena semua perbuatan tangannya sendiri? Karena dosa-dosanya sendiri? Teringat lafadz 
“Fa-ashoobahum sayyi-aatu maa kasabuu... [Maka menimpa pada mereka kejelekan karena apa-apa yang mereka kerjakan]” dalam suroh Az-Zumar.
Yah, bagaimana pun... Nyatanya, semua manusia memang (dan pasti) berbuat kesalahan, tiap hari, bahkan mungkin tiap detik. 
“Kullu baniy Adam khotto’un [setiap anak turun Adam berbuat kesalahan]...”

Jadi, jawabannya... Tidak perlu lagi bertanya-tanya, “Apakah ini cobaan atau teguran?”
Yang perlu dipertanyakan adalah, “Sudah bertaubatkah...?”

Sesuai dengan lanjutanhadistnya, 
“...Wa khoirul khotto’iina, attawwabun... [dan sebaik-baik orang yang bersalah, adalah yang bertaubat]...”

Nabi Daud ‘alaihis salaam, ketika sadar bahwa sedang diuji (disindir) oleh Alloh—lewat dua malaikat yang menyamar menjadi dua orang yang bertengkar memperebutkan kambing (yang satu memiliki 99 kambing sedangkan yang satunya hanya memiliki 1 kambing)—dalam QS. Shod ayat 21-24. Langsung seketika itu juga, Nabi Daud bersujud 40 hari 40 malam lamanya! Hingga rerumputan di sekitarnya subur... Karena basah oleh air matanya... Lalu bagaimana dengan kita?

Padahal, Alloh Maha Pengampun... 

“Qul yaa ‘ibaadiyal ladziina asrofuu ‘alaa anfusihim laa taq’natuu mirrohmatillah, innalloha yaghfirudz dzunuuba jamii’aa, innahu huwal ghofuurur rohiim... 
[Katakanlah, wahai hamba-hambaku yang telah melampaui batas atas diri mereka, jangan berputus asa dari rohmat Alloh, sesungguhnya Alloh mengampuni dosa-dosa kesemuanya (*kecuali dosa syirik), sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang].” QS.Az-Zumar : 53

"Dan orang-orang yang ketika mengerjakan mereka pada kejelekan atau menganiaya mereka 

pada diri mereka, mereka ingat pada Alloh, maka meminta ampun mereka bagi dosa-dosa mereka dan tidak ada yang mengampuninya kecuali Alloh.... Dan tidak menetapi mereka atas dosa-dosa yang telah mereka kerjakan dan mereka pun mengetahuinya." (QS. Ali Imron: 135)



Yah, setiap mukmin pasti diberi ujian olehNya. Entah itu teguran ataupun cobaan. Entah itu karena Ia ingin melebur dosa-dosa hambaNya, atau karena ingin menguji keimanan hambaNya. Yang jelas, resep rahasia untuk melewatinya sudah jelas: SABAR... ^^ Bukankah Alloh tidak akan memberikan beban melebihi batas kemampuan hambaNya? 
"Laa yukallifullohu nafsan illaa maa aataahaa. Sayaj'alullohu ba'da 'usri yusro..."

Dan bukankah momen-momen penuh kesulitan di mana kita terus mengingatNya jauh lebih indah, dibandingkan dengan momen-momen penuh kemudahan, tetapi kita malah lalai dariNya? 

2 comments:

  1. dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu :)

    ReplyDelete
  2. "sudah bertaubatkah?"
    *tanyadirisendiri :'(

    adik awan putih, jika kalo berkenan main2 juga kesini ya: http://clk7.blogspot.com/2012/11/the-liebster-award.html

    ada award untukmu :)

    ReplyDelete